PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Tarigan, Mida Aprilina (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Word Square dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut sei Tuan pada tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek siswa kelas X-3 yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sedangkan analisis data digunakan dalam beberapa tahap yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah 59,3 dimana 47% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan siklus I skror rata-rata adalah 69,7% dengan 79% telah mencapai ketuntasan belajar dan setelah diadakan tindakan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 83,9 dengan 89% siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan aktivitas juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 6 orang (15,35%) siswa sangat aktif, 14 orang (35,8%) siswa aktif, 12 orang (30,7%) siswa cukup aktif, 4 orang (10,2%) siswa kurang aktif dan 3 orang (7,6%) siswa tidak aktif, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 18 orang (46%) siswa sangat aktif, 16 orang (41%) siswa aktif, 5 orang (12,8%) siswa cukup aktif dan 0 siswa (0%) kurang akti dan tidak aktif. Dapat disimpulkan bahwab penerapan kolaborasi model pembelajaran Word Square dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X pada pokok bahasan permintaan dan penawaran uang di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 352.071 Tar p
Keywords: kolaborasi model pembelajaran Word Square dan Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item