PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA SWASTA MEDAN PUTRI TAHUN AJARAN 2011/2012

Anggraini, Amalia (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA SWASTA MEDAN PUTRI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071277110051 Cover.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110051 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110051 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110051 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110051 Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110051 Bab I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110051 Bab V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMA Swasta Medan Putri.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sederhana. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 44 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling yang sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol yang masing-masing berjumlah 22 orang.Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan koefisien korelasi product moment antara pengaruh penggunaan media pembelajaran (X) terhadap prestasi belajar (Y) di mana rhitung0,7180 > rtabel 0,2940. Persamaan regresi linier yang diperoleh adalah perhitungan Y = 16,69 + 0,04X yang berarti nilai Y mendapat tambahan sebesar 0,04 bila nilai X adalah 1. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 50,52%; artinya pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 50,52%. Dari hasil penelitian perhitungan uji t, nilai thitung (6,5486) > ttabel (1,682). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Medan Putri” dapat diterima.Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: 650.071 Ang p
Keywords: media pembelajaran; prestasi belajar; media grafis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13121

Actions (login required)

View Item View Item