PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Astuti, Sri (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114265 Cover.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114265 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114265 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114265 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114265 Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114265 Bab I.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114265 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114265 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar kewirausahaan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 240 yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X AP1 yang berjumlah 40 orang pada kelas eksperimen dan X AP2 yang berjumlah 40 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kewirausahaan berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan penentuan skor, rata-rata, standar deviasi dan varians, uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F, uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan metode konvensional. Hal ini didukung oleh perolehan rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 52,25 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 30 serta SD 8,91 dan post-test sebesar 78,75 dengan nilai tertingi 95 dan nilai terendah 60 serta SD 9,79, Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional adalah nilai rata-rata pre-test 56 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 30 serta SD 8,93 dan post-test sebesar 75,87 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 55 serta SD 9,40. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,503 > 1,991 pada taraf signifikan 95 % dan α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho ditolak).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Call Number: 650.071 Ast p
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw; Hasil Belajar; Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13113

Actions (login required)

View Item View Item