PENGARUH PEMBELAJARAN ACCELERETED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

Rusmini, Rusmini (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN ACCELERETED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081277110036 Cover.pdf]
Preview
Text
081277110036 Cover.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 081277110036 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
081277110036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[thumbnail of 081277110036 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
081277110036 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 081277110036 Abstrak.pdf]
Preview
Text
081277110036 Abstrak.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 081277110036 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
081277110036 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 081277110036 Bab I.pdf]
Preview
Text
081277110036 Bab I.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 081277110036 Bab V.pdf]
Preview
Text
081277110036 Bab V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 081277110036 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
081277110036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Accelereted Learning dengan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Accelereted Learning dengan hasil belajar siswa MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan two group pretes and postes. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Untuk mengetahui hasil belajar ekonomi siswa dilakukan dengan memberikan tes pada kedua kelas sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II (genap) MAN 1 Medan tahun pelajaran 2011 / 2012 yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dengan jumlah 102 orang dengan jumlah siswa setiap kelas 34 orang. Pengambilan sampel dalam dalam penelitian ini dilakukan secara acak (cluster random sampling) dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning di kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan model konvensional di kelas X2 sebagai kelas Kontrol di MAN 1 Medan. Hasil belajar siswa. Hasil pengujian pada taraf signifikansi dan dk = n1 + n2 – 2 = 66 dengan thitung = 2,087 dan ttabel = 1,998 diperoleh sehingga hipotesis diterima karena t hitung > dari t tabel. Terjadinya perbedaan hasil belajar dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang berbeda terhadap sampel. Jadi terbukti bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran accelereted learning lebih dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2011/ 2012 jika dibandingkan dengan model pengajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 650.071 Rus p
Keywords: Accelereted Learning; Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 13 Feb 2017 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item
View Item