PENGARUH MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2011/2012

Halomoan, Togu (2012) PENGARUH MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310163 Cover.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310163 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310163 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310163 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310163 Abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310163 Bab I.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310163 Bab V.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310163 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think pair Share (TPS) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Tebing Tinggi yang berjumlah 120 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X AP1 yang berjumlah 40 orang pada kelas eksperimen dan X AP2 yang berjumlah 40 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Think Pair Share adalah nilai rata-rata pre-test 44,63 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 25 serta simpangan baku 8,50 dan post-test sebesar 76,13 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 55 serta simpangan baku 7,72. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pre-test 41,25 dengan nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 20 serta simpangan baku 8,75 dan post-test sebesar 67,50 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55 serta simpangan baku 7,72. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t_(hitung )>t_tabel yaitu 4,93> 1,667 pada taraf signifikan 95% dan =0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di kelas X SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Arwansyah196307121989031002
Call Number: 650.071 Hal p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share; Hasil Belajar; Pelajaran Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item