PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN DI SMK N 1 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2011/2012

Lumban Tobing; Eduardo, Lumban Tobing; Eduardo (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN DI SMK N 1 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114108 Cover.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114108 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114108 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114108 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114108 Abstrak.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114108 Bab I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114108 Bab V.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114108 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan Metode Pembelajaran Konvensional. Jadi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bekerja Sama Dengan Kolega Dan Pelanggan yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan Pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh kelas X SMK N 1 Sibolga Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 68 orang, yakni kelas X_1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas X_2 sebagai kelas Kontrol dengan menggunakan pembelajaran Konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan siswa dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji normalitas digunakan uji Liliefors, uji Homogenitas menggunakan uji F dan Uji Hipotesis menggunakan uji-t Hasil pemberian post tes yang dilakukan pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 76,176 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60 sedangkan simpangan baku 6,96. Pada kelas Kontrol ini rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,17 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 65 sedangkan simpangan baku 4,44. Hasil analisis data menunjukkan t_(hitung )> t_tabel atau (6,59 >1,9355). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Bekerja Sama Dengan Kolega Dan Pelanggan yang menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan pembelajaran Konvensional di kelas X SMK N 1 Sibolga Tahun Ajaran 2011/2012. Dimana hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari pada yang menggunakan pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
StereotyperSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: 650.071 Lum p
Keywords: Kooperatif Learning tipe Think Pair Share; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13100

Actions (login required)

View Item View Item