UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DENGAN MENERAPKAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER KELAS XI IPS SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2013/2014

Sitorus, Lidia Sarli (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DENGAN MENERAPKAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER KELAS XI IPS SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141114 JUDUL.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141114 KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141114 DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141114 DAFTAR_TABEL.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141114 DAFTAR_GAMBAR.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141114 DAFTAR_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141114 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141114 BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141114 BAB V.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141114 DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan kolaborasi model pembelajaran mind mapping dan numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Parulian 2 Medan T.A 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Parulian 2 Medan yang beralamat di Jl. Garuda Raya, Perumnas Mandala Medan T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Parulian 2 Medan yang berjumlah 40 orang dan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes pra penelitian, tes pada siklus I, tes pada siklus II dalam bentuk pilihan ganda, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dengan indikator keberhasilan tindakan 80% siswa memperoleh nilai minimum sebesar 75. Pada pre test persentase siswa yang mencapai KKM adalah 12,5% atau 5 dari 40 siswa. Pada siklus I penerapan kolaborasi model pembelajaran mind mapping dan numbered heads together persentase siswa yang mencapai KKM adalah 32,5% atau 13 dari 40 siswa kelas XI IPS. Sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang mencapai KKM adalah 85% atau 34 dari 40 siswa kelas XI IPS sudah mencapai KKM atau mengalami peningkatan sebesar 52,5%. Dilakukan juga uji t untuk membandingkan nilai post test I dengan post test II diperoleh nilai yaitu thitung>ttabel yaitu 4,24 > 1,68 dan dilakukan juga uji t untuk membandingkan nilai post test terhadap KKM yaitu thitung > ttabel yaitu 7,14 > 1,68. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran mind mapping dan numbered heads together pada kompetensi dasar memahami anggaran pendapatan dan belanja negara di kelas XI IPS SMA Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBudiarta, Kustoro196809141992031002
Call Number: 658.071 2 Sit u
Keywords: Hasil Belajar; Mind Mapping; Numbered Heads; Penelitian; Tindakan Kelas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item View Item