PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN STRATEGI EVERY ONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sihaloho, Jojor Maria (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN STRATEGI EVERY ONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
09141096 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141096 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141096 BAB I.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141096 BAB V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Parulian 2 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa, serta untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi antar siklus dengan menerapkan model pembelajaran STAD dengan strategi Every one is a teacher here. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 semester ganjil yang beralamat di jalan Garuda Raya, Prumnas Mandala Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 38 orang dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran STAD dengan strategi Every one is a teacher here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya ada 4 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Dan teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Dari observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu terdapat 50% siswa untuk kriteria “aktif”. Sedangkan pada siklus II terdapat 31,57 % siswa yang tergolong sangat aktif dan 47,36% siswa yang tergolong aktif, yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan dari hasil penelitian terhadap tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan, teerdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 19 orang siswa(50%) yang tuntas, pada siklus II menjadi 32 orang siswa (84,21) siswa yang tuntas. Indikator ketuntasan klasikal teercapai, dimana 75% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistic atau uji tdengan dk=38-1=37, pada α = 0,05.Dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 10,02 dan ttabel = 2,02.Sehingga t hitung > ttabel. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar signifikan sehingga Ha diterima. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD dengan strategi every one is a teacher here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran STAD dengan strategi every one is a teacher here dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasir, Muhammad195510211982011001
Call Number: 657.071 2 Sih p
Keywords: Model Pembelajaran; STAD; Hasil Belajar; Akuntansi; Tindakan Kelas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13088

Actions (login required)

View Item View Item