PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA SWASTA CERDAS MURNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Reza, M. Akmal (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA SWASTA CERDAS MURNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709341072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341072 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341072 BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341072 BAB I.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341072 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS 1 SMA Swasta Cerdas Murni Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Cerdas Murni Medan yang beralamat di Jl. Beringin I Pasar 7 Tembung Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 1 SMA Swasta Cerdas Murni Medan dengan jumlah 38 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I sebesar 13,26% yang termasuk dalam kriteria kurang aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas sebesar 28,08% yang termasuk dalam kriteria Sangat Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan yaitu 13 siswa (34,21%) yang tuntas, sedangkan pada siklus I terdapat 18 siswa (47,37%) yang tuntas atau terjadi peningkatan sekitar 13,16%. Dan pada siklus II terdapat 35 siswa (92,11%) yang tuntas atau mengalami peningkatan 44,74% dari siklus I. Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk=33-1=32 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan menunjukkan thitung = 7,19 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (7,19>2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing dapat meningkatkan secara positif dan signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi perusahaan dagang di kelas XII IS 1 SMA Swasta Cerdas MurniTahun Pelajaran 2013/2014. Dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 1 SMA Swasta Cerdas Murni Medan Tahun Pelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad196108151987031001
Call Number: 657.071 2 Rez p
Keywords: Model Pembelajaran; NHT; Problem Posing; Aktivitas; Hasil Belajar; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13073

Actions (login required)

View Item View Item