PENGARUH HUMAN CAPITAL DANORGANIZATIONAL CAPITAL TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA (UKM)KERAJINAN ROTAN DI JALAN GATOT SUBROTO MEDAN

Affandi, Irfan (2016) PENGARUH HUMAN CAPITAL DANORGANIZATIONAL CAPITAL TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA (UKM)KERAJINAN ROTAN DI JALAN GATOT SUBROTO MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan dalam melakukan segala kegiatan dalamrangka mencapai tujuan sangat bergantung kepada kemampuan sumber dayamanusianya (Human Capital) dengan segala pengetahuan, ide-ide, inovasi, energidan komitmennya dalam melaksanakan aktifitas serta Organizational Capitalyang dimiliki perusahaan. Produktivitas kerja karyawan yang maksimal sangatdiharapkan dalam suatu proses pencapaian tujuan. Hal ini dapat tercipta olehbanyak faktor, yang salah satunya adalah tingkat dari kepuasan kerja pegawai.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besarhuman capital dan organizational capital mempengaruhi kepuasan kerja pegawaipada UKM Kerajinan Rotan di Jalan Gatot Subroto Medan. Populasi serta sample dalam penelitian ini adalah pegawai UKM kerajinan rotan sebanyak 85 orang pegawai dari 13 UKM kerajinan rotan di Jalan Gatot Subroto Medan. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analisys). Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh Human Capital terhadap kepuasan kerja pegawai di UKM kerajinanrotan Jalan Gatot Subroto Medan dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,362.Human Capital memberikan pengaruh secara langsung sebesar 10,7% dan secaratotal memberikan pengaruh sebesar 11,8% terhadap kepuasan kerja pegawaidengan nilai thitung > ttabel (3,433 > 2,00) dan nilai sig. 0,001 < 0,05; 2) ada pengaruh Organizational Capital terhadap kepuasan kerja pegawai di UKMkerajinan rotan Jalan Gatot Subroto Medan dengan nilai Pearson Correlationsebesar 0,398. Organizational Capital memberikan pengaruh secara langsungsebesar 13,5% dan secara total memberikan pengaruh sebesar 14,6% terhadap kepuasan kerja pegawai dengan nilai thitung > ttabel (3,851 > 2,00) dan nilai sig. 0,000 < 0,05; dan 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Human Capital dan Organizational Capital secara simlutan terhadap kepuasan kerja pegawai di UKM kerajinan rotan Jalan Gatot Subroto Medan dengan nilai R = 0,514 dan nilai R2 = 0,264 serta nilai Fhitung > Ftabel (14,696 > 3,11). Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan struktural yaitu: Y = 0,327X1 + 0,367X2 + 0,858&#949;. Hal ini memberi indikasi bahwa semakin baik Human Capital dan Organizational Capital pada UKM kerajinan rotan di Jalan Gatot Subroto Medan maka semakin baik pula kepuasan kerja yang dirasakan pegawainya. Besarnya pengaruh Human Capital dan Organizational Capital secara simultan terhadap kepuasan kerja pegawai sebesar 26,4% (R2 = 0,264).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 658.314 22 Aff p
Keywords: Human capital; Organization kapital; Kepuasan kerja.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13046

Actions (login required)

View Item View Item