PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Hasanah, Ummul (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan strategi pembelajaran Information Search dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI AK yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil observasi aktivitas siswa sebesar 47,24% ( Siklus I 38,88% sedangkan Siklus II 86,12%) dan telah sesuai dengan kriteria penilaian aktivitas 71,87%. Hasil data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 33,33% yang tuntas dengan nilai rata – rata 58,05. Data postes siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 77,78% dengan nilai rata-rata 69,72 sedangkan data pada postes siklus II siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 94,44% dengan nilai rata-rata 85,14 . Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 15,42%. Pada uji signifikansi hasil belajar siswa antar siklus diperoleh bahwa thitung >ttabel (12,63>2,03). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antar siklus.Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan strategi pembelajaran Information Search dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK pada kompetendi dasar mengelola kartu persediaan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 657.071 9 Has p
Keywords: Strategi pembelajaran; Learning startwith a question; Information search; Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item