PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMAN 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Sari, Rini Ratmina (2014) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMAN 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. ['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined] thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang cenderung monoton, kurangnya interaksi antara guru dengan siswa, kurangnya ketermpilan siswa dalam bertanya, dan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi guru dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 21 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian dilaksanakan di SMAN 21 Medan yang beralamat di Jl. Keramat Indah/Selambo Ujung, Medan Tenggara. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 21 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 232 siswa dengan sampel penelitian 59 siswa. Instrument yang digunakan untuk menilai kompetensi guru dan interaksi edukatif dengan menggunakan angket, dan prestasi belajar siswa dengan melihat daftar nilai rapot siswa.Dari hasil angket menunjukkan bahwa kompetensi guru ekonomi kelas X SMAN 21 Medan tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata keseluruhan adalah 4.02, dan interaksi edukatif pada siswa kelas X SMAN 21 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 4.07. Serta prestasi belajar siswa tergolong dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata keseluruhan 75.9.Dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa SMAN 21 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Dari Uji t yang dilakukan, diperoleh thitung = 2.375 dengan ttabel= 2,004. Maka thitung ≥ ttabel (2.375 ≥ 2.004). (2) Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa SMAN 21 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Dari perhitungan Uji t diperoleh nilai thitung = 2.305 dengan ttabel = 2.004. Maka, thitung ≥ ttabel (2.305 ≥ 2.004)

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined])
Additional Information: 658.071 2 Sar p
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Guru; Interaksi edukatif; Prestasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 05 Oct 2016 07:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item
View Item