PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMK PAB-2 HELVETIA T.P 2013/2014

Rahim, Anisa (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMK PAB-2 HELVETIA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran kelas X SMK PAB-2 Helvetia T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB-2 Helvetia kelas X AP Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AP2 sebagai kelas eksperimen dan X AP1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reabilitas tes, daya pembeda tes dan tingkat kesukaran dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung> ttabel yaitu 7,68 > 1,673 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here adalah pretes sebesar 46,75 dan postes sebesar 76,38 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 39,25 dan postes sebesar 65,5. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran kelas X SMK PAB-2 Helvetia T.P 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 651.071 9 Rah p
Keywords: Model pembelajaran; Everyone is a teacher here; Hasil belajar; Pembelajaran aktif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item View Item