UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN KOLABORASI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2011/2012

Simarmata, Meliana (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN KOLABORASI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114197 Cover.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114197 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114197 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114197 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114197 Abstrak.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114197 Bab I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114197 Bab V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114197 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapakan kolaborasi metode Problem Solving dengan model pembelajaran Talking Stick di SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang terletak di Jl. Tengku Amir Hamzah, Gang Rukun, Tanjung Pura tahun pembelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan kolaborasi metode Problem Solving dengan model pembelajaran Talking Stick. Berdasarkan pengamatan aktivitas belajar siswa, proses belajar mengajar dengan menerapkan kolaborasi metode Problem Solving dengan model pembelajaran Talking Stick dapat menuntun siswa lebih aktif dan lebih bersemangat dalam belajar. Berdasarkan hasil analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa, pada siklus I terdapat 14 orang siswa (35%) yang termasuk dalam criteria aktif dan sangat aktif dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 32 orang siswa (80%). Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 45%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 40 siswa hanya 25 (62,50%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 36 siswa (90%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai 70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi metode Problem Solving dengan model pembelajaran Talking Stick pada kompetensi dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian di kelas X AK SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa kolaborasi metode Problem Solving dengan model pembelajaran Talking Stick dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut M.195608141980111001
Call Number: 657.071 Sim u
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Metode Problem Solving; Model Pembelajaran Talking Stick
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item