PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA KATOLIK TRI SAKTI MEDAN T.P 2012/2013

Simamora, Yona Laurensia O. (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA KATOLIK TRI SAKTI MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114288 Cover.pdf]
Preview
Text
708114288 Cover.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 708114288 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
708114288 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 708114288 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
708114288 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 708114288 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
708114288 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 708114288 Abstrak.pdf]
Preview
Text
708114288 Abstrak.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 708114288 Bab I.pdf]
Preview
Text
708114288 Bab I.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of 708114288 Bab V.pdf]
Preview
Text
708114288 Bab V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 708114288 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
708114288 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan metode pembelajaran syndicate group di kelas XII IS SMA Katolik Tri Sakti Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Katolik Tri Sakti Medan yang terletak di Jl. Raya Medan Tenggara Gang Benteng No 21 Medan tahun pembelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS yang berjumlah 41 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan Metode Pembelajaran Syndicate Group. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata-rata 46,26% menjadi 79,26% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 33%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 41 siswa hanya 14 (34,14%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 34 siswa (82,92%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 70. Dalam hubungan aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy sebesar 0.78 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif (tinggi) antara aktivitas dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi aktivitas sebesar 60.84% dalam meningkatkan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Syndicate Group di kelas XII IS SMA Katolik Tri Sakti Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Metode Pembelajaran Syndicate Group dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 Sim p
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran Syndicate Group
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 03 Oct 2016 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13020

Actions (login required)

View Item
View Item