PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS-1 SMA NEGERI 1 SALAK T.A 2011/2012

Parulian Solin, Pendi (2012) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS-1 SMA NEGERI 1 SALAK T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081277110029 Cover.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110029 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110029 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110029 Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110029 Bab I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110029 Bab V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah” rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Salak T.A 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Salak pada semester genap T.A 2011/2012 dengan subyek adalah siswa kelas XI IS-1 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Data hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hanya 14 orang atau 43,75% siswa dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 28 orang atau 87,50% siswa tergolong aktif dan sangat aktif. Selanjutnya nilai hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 21 orang (65,63%) siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 67,56. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar menjadi 27 orang (84,38%) siswa dengan nilai rata-rata 75,46. Dengan demikian, ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 18,75% dengan peningkatan rata-rata nilai 09,83 poin.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan Information Search pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas XI IS -1 SMA Negeri 1 Salak T.A 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPardede, Jisman195003091979031002
Call Number: 657.071 Par p
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi; Kolaborasi Strategi Learning Start With A Question dan Information Search
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13004

Actions (login required)

View Item View Item