PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA KRAKATAU MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Damanik, Atikha Lestari (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA KRAKATAU MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Peer Lessons pada mata pelajaran akuntansi dengan materi Pencatatan Jurnal Khusus di perusahaan dagang di kelas XII IS SMA KRAKATAU Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA KRAKATAU Medan yang beralamat dijalan Brigjen Bejo Cemara No.32 Krakatau Medan. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 37 orang siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Peer Lessons. Tehnik pengumpulan datanya adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar berbentuk soal essay. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Dari data hasil obbservasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I terdapat 18 siswa (48,64%) yang memperoleh kategori aktivitas baik, sedangkan pada siklus II terdapat 33 siwa (89,18%) untuk kategori baik dan sangat baik. Siswa termasuk kedalam kategori baik apabila sisa mencapai nilai aktivitas 21 dan sangat baik apabila siswa mencapai nilai 25-28. Aktivitas secara klasikal terpenuhi apabila 70% (22 siswa)dari jumlah seluruh siswa mendapat kategori baik dan sangat baik. Selanjunya dari data nilai hasil belajar yaitu 32 siswa (86,48%). .siswa dikatakan tuntas belajar apabila siswa mencapai KKM yaitu 70. Dan ketuntasan secara klasikal terpenuhi apabila 70% (22) siswa telah mencapai KKM. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Peer Lessons pada materi pelajaran Pencatatan jurnal khusus dalam perusahaan dagang di kelas XII IS SMA KRAKATAU Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini berarti bahwa strategi pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad19618151987031001
Call Number: 657.071 Dam p
Keywords: Strategi Pembelajaran Peer Lessons; Aktifitas Belajar Akuntansi; Hasil Belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13003

Actions (login required)

View Item View Item