PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN AKUN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Trihatin, Agus (2012) PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN AKUN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310004 Cover.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310004 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310004 Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310004 Bab I.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310004 Bab V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IS 1 SMA Swasta Prayatna Medan T.A 2012/2013 dengan menerapkan teknik permainan akun. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Prayatna Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 dengan subjek adalah siswa kelas XII IS 1 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan teknik permainan akun untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 1 SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil observasi aktivitas siswa terdapat pada siklus I yang menunjukkan 1 orang (2,78%) untuk kriteria sangat aktif, 14 orang (38,89%) untuk kriteria aktif, 20 orang (55,55%) untuk kriteria cukup aktif, dan 1 orang (2,78%) untuk kriteria kurang aktif. Sedangkan pada siklus II menunjukkan 5 orang (13,89%) untuk kriteria sangat aktif, 25 orang (69,44%) untuk kriteria aktif, 6 orang (16,67%) untuk kriteria cukup aktif, dan untuk kriteria kurang aktif tidak ada (0%). Data hasil belajar siswa dari siklus I sebanyak 16 orang (44,44%) dinyatakan tuntas dan 20 orang (55,56%) dinyatakan tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II sebanyak 31 orang (86,11%) dinyatakan tuntas dan 5 orang (13,89%) dinyatakan tidak tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik permainan akun dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IX 1 SMA Swasta Prayatna Medan T.A 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor., Arwansyah196307121989031002
Call Number: 657.071 Tri p
Keywords: Teknik Permainan Akun; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item View Item