PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DEVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI �

Sembiring, Putri Esterlina (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DEVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI �. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081277110030 Cover.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110030 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110030 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110030 Abstrak.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110030 Bab I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110030 Bab V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar Akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Akuntansi siswa di kelas XI IS -1 SMA Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menerapkan model pembelajaran STAD. Penelitian ini dilasanakan di SMA Negeri 1 Stabat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS – 1 TA.2011/2012 yang berjumlah 39 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran STAD. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Tes dan Angket. Angket yang digunakan telah diuji validitas dan realibilitasnya pada taraf signifikansi 95% (rtabel = 0,444) dengan = 0,05 dan koefisien reliabilitas (0,9345) yaitu Reliabilitas sangat tinggi dengan (rtabel 0,468). Dari data hasil angket terhadap motivasi belajar siswa menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I menunjukan 5 siswa (13%) untuk kriteria motivasi tinggi, 31 siswa (79,48 %) untuk kategori motivasi sedang, dan 3 siswa (7,53%) untuk kategori rendah. Dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 31 siswa (79,48%) untuk kategori motivasi tinggi, motivasi sedang 6 siswa (15%), dan siswa yang memiliki motivasi rendah 2 orang (5,52%). Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada pretes ketuntasan belajar secara keseluruhan (41%) dengan rata – rata 68,97, pada postes siklus I ketuntasan belajar (64%) dengan rata – rata 71,92, sedangkan pada postes silus II ketuntasan belajar 83% dengan rata – rata 81,15. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XI IS-1 SMA N1 Stabat T.A 2011/2012. Hal ini berarti model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Akuntansi khususnya pada kompetensi membuat Kertas Kerja pada perusahaan jasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPardede, Jisman195003091979031002
Call Number: 657.071 Sem p
Keywords: Model Pembelajaran STAD; Motivasi Belajar siswa; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12998

Actions (login required)

View Item View Item