PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI-AK DI SMK KRAKATAU MEDAN T.P 2012/2013

Ritonga, Lusinta (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI-AK DI SMK KRAKATAU MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310082 Cover.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310082 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310082 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310082 Abstark.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310082 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310082 Bab I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310082 Bab V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310082 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT dapat meningkatkan minat dan hasil belajar serta hubungan minat dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI SMK Krakatau Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Krakatau Medan pada semester ganjil T.P 2012/2013 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Ak yang berjumlah 32 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah Penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah lembar angket untuk melihat minat belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa, Pada siklus I hanya rata-rata 59,37 menjadi 89,74 pada siklus II. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 20 siswa (66,87%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 29 siswa (90,62%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 90% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hubungan minat dan belajar meningkat sebesar 57,75%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa kelas XI-Ak di SMK YP Krakatau Medan T.P 2012/2013 membuktikan peningkatan minat dan hasil belajar yang signifikan dan hubungan minat dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, Marusul195303151980031007
Call Number: 657.071 Rit p
Keywords: Minat Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Kontekstual dengan strategi REACT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12997

Actions (login required)

View Item View Item