PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJRAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK-2 SMK BM TELADAN MEDAN T.P. 2012/2013

Fitriyanty, Henny (2012) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJRAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK-2 SMK BM TELADAN MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114150 Cover.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114150 Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114150 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114150 Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114150 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114150 Bab I.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114150 Bab V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114150 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar, hasil belajar dan hubungan minat dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII AK-2 SMK BM Teladan Medan T.P 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Teladan medan pada semester ganjil T.P 2012/2013 dengan subjek adalah siswa kelas XII AK-2 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan angket untuk mengetahui minat belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa, pada siklus I hanya rata-rata 62,14% dimana belum menunjukkan peningkatan dengan kriteria penilaian skor 61 dengan 64% dari jumlah siswa. Pada siklus II menunjukkan minat belajar siswa 82,14%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 23 siswa (63,89%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 31 siswa (86,11%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 86% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi Learning Start With a Question dan Information Search pada standar kompetensi mengelola kartu persediaan di kelas XII AK-2 SMK BM Teladan Medan T.P 2012/2013 membuktikan peningkatan minat dan hasil belajar yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: 657.071 Fit p
Keywords: Minat Belajar; Hasil Belajar; Kolaborasi Strategi Learning Start With a Question dan Information Search
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item View Item