PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XII IPS 2 SMA YPI AMIR HAMZAH T.A 2012/2013

Iqbala, Mhd (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XII IPS 2 SMA YPI AMIR HAMZAH T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310096 Cover.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310096 lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310096 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310096 Abstrak.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310096 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310096 Bab I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310096 Bab V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310096 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Concept Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 di SMA YPI Amir Hamzah T.A 2012/2013. Penelitian dilaksanakan di SMA YPI Amir Hamzah pada T.A 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar angket motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 9 siswa (22,5%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (40%) dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 33 siswa (82,5%) yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Sedangkan motivasi juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 2 siswa (5%) , sedangkan pada siklus II terdapat 32 siswa (80%) dengan kriteria motivasi tinggi. Dari data hasil uji korelasi antara motivasi (variabel x) dan hasil belajar (variabel y) diperoleh rxy = 0,75 yang menunjukkan hubungan positif, artinya jika motivasi siswa tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Concept Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMA YPI Amir Hamzah T.A 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugrahadi, Eko Wahyu1964070319981031005
Call Number: 657.071 Iqb p
Keywords: Motivasi Belajar; Hasil Belajar; dan Strategi Pembelajaran Concept Mapping
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12988

Actions (login required)

View Item View Item