PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PRACTISE REHEARLS PAIRS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA GALIH AGUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Nindy, Stella (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PRACTISE REHEARLS PAIRS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA GALIH AGUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310152 Cover.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310152 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310152 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310152 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310152 Abstrak.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310152 Bab I.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310152 Bab V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310152 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa serta perbedaan antara siklus I dengan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair And Share dengan menggunakan Strategi Practise Rehearls Pairs dikelas XII IPS SMA Swasta Galih Agung Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Galih Agung yang Beralamat di Desa Lau Bakeri Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Swasta Galih Agung berjumlah 30 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair And Share dengan menggunakan Strategi Practise Rehearls Pairs untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, diamana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui lembar angket motivasisiswa dan test hasil belajar akuntansi.Dari data hasil angket mengenai motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan motivasi dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 40% atau 12 orang yang termasuk dalam kriteria motivasi tinggi dan motivasi sedang. Pada siklus II diperoleh 73,33% atau 22 orang yang termasuk dalam kriteria motivasi tinggi dan sedang. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 43,33% atau 13 orang yang tuntas dengan nilai rata-rata 61,16 sedangkan pada siklus II diperoleh 46,67% atau 14 orang yang tuntas dengan nlai rata-rata 69,16 atau terjadi peningkatan sekitar 8,00 poin. Dan pada siklus II menjadi 86,67% atau 26 orang yang tuntas dengan nilai rata-rata siswa menjadi 75,5 atau mengalami peningkatan 5,34 poin dari siklus I.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share Dengan Menggunakan Strategi Practise Rehearls Pairs pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen kedalam jurnal khusus dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dikelas XII IPS SMA Swasta Galih Agung Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: 657.071 Nin p
Keywords: Model Pembelajara Think Pair Share; Strategi Practise Rehearls Pairs; Motivasi; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12987

Actions (login required)

View Item View Item