IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, AND WRITE (TTW) DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA TRITUNGGAL TANJUNGBALAI TAHUN AJARAN 2011/2012

Sitorus, Maira Antika (2012) IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, AND WRITE (TTW) DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA TRITUNGGAL TANJUNGBALAI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114180 Cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114180 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114180 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114180 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114180 Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114180 Bab I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114180 Bab V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114180 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI pada kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa di SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai dengan mengimplementasikan kolaborasi model Pembelajaran Think, Talk, and Write (TTW) dan Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai yang beralamat di Jl. Abadi No. 25 Tanjungbalai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 39 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah implementasi kolaborasi model Pembelajaran Think, Talk, and Write (TTW) dan Talking Stick. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa mencapai 35,89% keaktifan kalsikal yaitu 3 siswa (7,69 %) yang tergolong sangat aktif, 11 siswa (28,20 %) aktif. Di siklus 2 terdapat peningkatan keaktifan kalsikal menjadi 74,36 % yaitu 11 siswa (28,20 %) memperoleh kategori sangat aktif, 18 siswa (46,15 %) aktif. Untuk perolehan hasil belajar di siklus I, terdapat 23 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau 58,97 % dengan nilai rata-rata 70,71. Dan setelah di siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 87,18% (34 orang ) dengan nilai rata-rata 77,46, ini berarti mengalami peningkatan sebesar 28,21% dari siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model Pembelajaran Think, Talk, and Write (TTW) dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas XI IPS SMA Swasta Trituggal Tanjungbalai Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut M195608141980111001
Call Number: 657.076 Sit i
Keywords: Aktivitas belajar; hasil belajar akuntansi; kolaborasi model pembelajaran Think Talk and Write (TTW) dan Talking Stick
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12984

Actions (login required)

View Item View Item