PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS X AK 1 SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Malau, Eve Ida (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS X AK 1 SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114129 Cover.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114129 Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114129 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114129 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114129 Abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114129 Bab I.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114129 Bab V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114129 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa, peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dan untuk mengetahui hubungan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dan Team Quiz di kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2011/2012 dengan subjek adalah siswa kelas X AK 1 yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 5 orang (16,13%) siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 52,25. Setelah diadakan siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 20 orang siswa (64,52%) dengan nilai rata-rata 74,03 dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 29 orang siswa (93,55%) siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 83,87. Dari hasil angket mengenai motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan motivasi dari siklus I dan siklus II, pada siklus I 19,35% dan siklus II 74,19% berarti terjadi peningkatan sebesar 54,84%. Dari data hasil uji korelasi antara motivasi dan hasil belajar diperoleh r_xy= 0,782 yang menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika motivasi siswa tinggi maka hasil belajarnya juga tinggi. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dan Team Quiz dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2011/2012 pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan dagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut M195608141980111001
Call Number: 657.076 Mal p
Keywords: Motivasi Belajar; Hasil Belajar Akuntansi; Kolaborasi Model Pembelajaran Group Investigation dan Team Quiz
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12983

Actions (login required)

View Item View Item