PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 2 SMA SANTO YOSEPH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Munthe, Dasa Agustina (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 2 SMA SANTO YOSEPH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114090 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114090 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114090 BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114090 BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Santo Yoseph Medan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Santo Yoseph Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Yoseph Medan yang berlokasi di Jalan Flamboyan Raya No 113. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 dengan jumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan test untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data.Dari analisis diperoleh data test awal dengan nilai rata-rata 45,32 dengan jumlah siswa yang lulus 1 orang. Dan hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 67,5 dengan jumlah siswa yang tuntas 16 orang dalam hal ini ada peningkatan hasil belajar dari test awal ke hasil belajar siklus I sebesar 22,18. Sedangkan hasil belajar siklus II dengan nilai rata-rata 78,28 dengan jumlah siswa yang tuntas 25 orang berarti ada peningkatan sebesar 10,78 poin. Dari hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan pada siklus I terdapat 22 orang (68,75%) cukup aktif aktivitasnya, dan 8 orang (25%) yang aktif aktivitasnya. Pada siklus II, data hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan yang lebih baik. Dimana persentase kategori aktif meningkat menjadi 16 orang (50%) dan kategori sangat aktif menjadi 13 0rang (40,63%).Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Kompetensi Dasar Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di kelas XII IPS 2 SMA Santo Yoseph Medan Tahun Ajaran 2012/2013 terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 657.071 Mun p
Keywords: Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item