UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS KELAS XII IS2 SMA BINA SISWA BALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Rahayu, Muji (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS KELAS XII IS2 SMA BINA SISWA BALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310104 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310104 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310104 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310104 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708310104 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310104 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310104 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310104 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310104 BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310104 BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310104 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Group to Group Exchange dengan Strategi Pembelajaran Peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS2 SMA Bina Siswa Balam Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Bina Siswa Balam yang beralamat di Jl. Kayangan, Rokan Hilir Riau. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IS2 SMA Bina Siswa Balam dengan jumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Group to Group Exchange dengan strategi pembelajaran Peer Lessons. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data dan penyajian data. Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 2 siswa (6,67%) yang memperoleh kategori aktivitas sangat baik dan 14 siswa (46,67%) kategori baik. Sedangkan pada siklus II terdapat 7 siswa (23,33%) yang memperoleh kategori sangat baik dan 19 siswa (63,33%) kategori baik. Siswa termasuk kedalam kategori baik apabila siswa mencapai nilai aktivitas ≥23 dan sangat baik apabila siswa mencapai nilai aktivitas ≥ 28. Aktivitas secara klasikal terpenuhi apabila 70% dari jumlah seluruh siswa mendapat kategori baik dan sangat baik. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu 19 siswa (63,33%). Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu 26 siswa (86,67%). Siswa dikatakan tuntas dalam belajar apabila siswa mencapai KKM yaitu 70. Dan ketuntasan secara klasikal terpenuhi apabila 70% dari jumlah siswa mencapai KKM. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group to Group Exchange dengan Strategi Pembelajaran Peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi / dokumen kedalam jurnal khusus XII IS2 SMA Bina Siswa Balam Tahun Pembelajaran 2012 / 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Teridah195207231980011001
Call Number: 657.071 Rah u
Keywords: Model Pembelajaran Group to Group Exchange; Strategi Pembelajaran Peer Lessons; Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12963

Actions (login required)

View Item View Item