PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK POLA TUTORIAL SEBAYA DENGAN METODE LATIHAN TERSEBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA YAPIM MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Veiny S., Ester (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK POLA TUTORIAL SEBAYA DENGAN METODE LATIHAN TERSEBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA YAPIM MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114127 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114127 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114127 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114127 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708114127 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114127 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114127 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114127 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114127 BAB I.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114127 BAB V.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114127 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya dengan Metode Latihan Tersebar di SMA YAPIM Medan T.A. 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA YAPIM Medan yang terletak di Jl. Air Bersih No. 59 Medan tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang berjumlah 32 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah test dan observasi. Test yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya dengan Metode Latihan Tersebar. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya 40,7% menjadi 75% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 34,3%. Sedangkan hasil test yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 32 siswa hanya 19 (59,4%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan rata – rata 66,41 menjadi 27 siswa (84,4%) pada siklus II dengan rata – rata 81,72, ini berarti meningkat sebesar 25%. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai >70. Pada uji korelasi Product Moment r = 0,89. Pada uji signifikan untuk aktivitas, t hitung > t tabel yaitu 2,770 > 1,669 dan t hitung > t tabel yaitu 6,124 >1,669 untuk hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya dengan Metode Latihan Tersebar pada kompetensi dasar memahami persamaan dasar akuntansi di kelas XI IS SMA YAPIM Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya dengan Metode Latihan Tersebar dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYusuf, Muhammad196108151987031001
Call Number: 657.071 Vei p
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Tutorial Sebaya; latihan Tersebar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item View Item