IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 POLLUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Hutabarat, Renti D. (2012) IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 POLLUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114231 COVER.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114231 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114231 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114231 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114231 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114231 BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114231 BAB V.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114231 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah”Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Pollung T.A 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pollung pada semester genap T.A 2011/2012 dengan subyek adalah siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Data hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hanya 13 orang atau 38,23% siswa dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 26 orang atau 76,47% siswa tergolong aktif dan sangat aktif. Selanjutnya nilai hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 23 orang (67,64%) siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 72,14. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar menjadi 29 orang (85,29%) siswa dengan nilai rata-rata 81,73. Dengan demikian, ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,65% dengan peningkatan rata-rata nilai 09,59 poinDapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dan Problem Based Learning pada standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, D.19510203197431001
Call Number: 657.071 Hut i
Keywords: Aktivitas belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Based Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12954

Actions (login required)

View Item View Item