PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XI SMK BM PENCAWAN MEDAN T.A 2011/2012

Siregar, Tiar Sunday (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XI SMK BM PENCAWAN MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114278 COVER.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114278 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114278 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114278 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708114278 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114278 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114278 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114278 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114278 BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114278 BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114278 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI Ak dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division Medan T.A. 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Pencawan Medan yang beralamat di Jln Ncole No.50 Medan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak di SMK BM Pencawan Medan yang terdiri dari 29 Orang siswa.Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes berbentuk essay yang diambil dari buku paket yang telah disetujui oleh guru. Adapun analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data,penyajian data.Data nilai hasil belajar siswa pada siklus I 13siswa yang tuntas (44,48%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 67.93. pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar menjadi 25 siswa (86,20%) dengan nilai rata-rata 78,10. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 41,30% dengan kenaikan rata-rata sebesar 10.13 poin. Dengan ketuntasan klasikal sebesar 70% maka hasil belajar siswa dinyatakan tuntas. Untuk aktivitas siswa, 10 orang (34,48%) siswa untuk kriteria kurang aktif, 5 orang (17,24%) siswa untuk kriteria cukup aktif, 14 orang (48,27%) siswa untuk kriteria aktif. Sementara pada siklus II menunjukkan 8 orang (27,58%) untuk kriteria cukup aktif, 11 orang (37,93%) siswa untuk kriteria aktif, 10 orang (34,48%) siswa kriteria sangat aktif. Sehingga dari siklus I ke Siklus II dengan kriteria cukup aktif menurun 6 %, siswa aktif meningkat 10,34%, siswa sangat aktif 34,48%.Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Pendekatan Scaffolding dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi kelas XI ak pada kompetensi dasar Mengelola proses kredit dan Mengelola penagihan piutang di SMK BM Pencawan Medan T.A. 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugrahadi, Eko Wahyu196407031991031002
Call Number: 657.071 Sir p
Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Pendekatan Scaffolding; aktivitas siswa; Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12953

Actions (login required)

View Item View Item