PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Sari, Hotnida (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310064 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 BAB I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 BAB V.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada mata pelajaran akuntansi dengan materi Penyusunan Laporan Kuangan di kelas XI IS MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Medan yang beralamat dijalan Pancing No. 7B Medan. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 41 orang siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament. Tehnik pengumpulan datanya adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar berbentuk soal essay. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Dari data hasil observasi terhadap aktifitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 41orang siswa terdapat 4 orang (9,76%) siswa yang sangat aktif, 18 orang (43,90%) siswa yang aktif, 10 orang (24,39%) siswa yang cukup aktif, dan 9 (21,95%) siswa yang kurang aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami penigkatan menjadi 10 orang (24,39%) siswa yang sangat aktif, 25 orang (60,98%) siswa yang aktif, dan5 (12,19%) siswa yang cukup aktif, dan 1 orang (2,44%) siswa yang kurang aktif. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar 65,85% atau 27 orang dengan rata-rata hasil belajar sebesar 80,61 sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 87,81% atau 36 orang dengan rata-rata hasil belajar sebesar 90,12. Jika rata-rata hasil belajar siklus I dibandingkan dengan rata-rata siklus II, maka diperoleh peningkatan sebesar 9,51 poin. Pada Uji signifikan untuk aktivitas, thitung > ttabel yaitu 4,39 > 1,99 dan untuk hasil belajar yaitu thitung > ttabel yaitu 6,51 > 1,99. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi pelajaran Penyusunan Laporan Keuangan di kelas XI IS MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad19618151987031001
Call Number: 657.071 Sar p
Keywords: Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); Aktifitas Belajar Akuntansi; Hasil Belajar akuntansi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12945

Actions (login required)

View Item View Item