PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKI SMK SWASTA BM JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Syahputra, Hendra (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKI SMK SWASTA BM JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081277110011 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110011 BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110011 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK1 SMK Swasta BM Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012, mengetahui hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar dan melihat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siklus I dengan Siklus II dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Small Group dengan Talking Stick.Penelitian ini dilaksankan di SMK Swasta BM Jambi Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK1 dengan jumlah siswa 33 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Small Group dengan Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Dimana tiap siklus terdiri dari 4 Tahap yaitu, perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan test dan lembar observasi Aktivitas. Teknik analisis data terdiri reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Dari analisis diperoleh data test awal jumlah siswa yang tuntas 13 orang (39,39%) dengan nilai rata-rata 63,18. Dan hasil belajar siklus I dengan jumlah siswa yang tuntas 22 orang (66,67%) dengan nilai rata-rata 73,33. Sedangkan hasil belajar siklus II dengan jumlah siswa yang tuntas 26 orang (78,79) dengan nilai rata-rata 83,48. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari post test siklus I ke post test siklus II 12,12%. Hasil observasi yang diperoleh menunjukan peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 59,24% sementara pada siklus II 76,06%, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 16,82%. Dalam hubungan aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy 0,76 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif (tinggi) antara aktivitas dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi aktivitas sebesar 57,76% dalam meningkatkan hasil belajar. Terdapat peningkatan yang signifikan antara siklus I dengan siklus II dimana thitung>ttabel yaitu 4,43>1,9866.Berdasarkan analisis diatas disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Small Group dengan Talking Stick pada standart kompetensi mengelola aktiva tetap dikelas XI AK1 SMK swata BM Jambi Medan Sumatera Utara Tahun pembelajaran 2011/2012 dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Small Group dengan Talking Stick dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 657.071 Sya p
Keywords: Aktivitas; Hasil Belajar siswa; Model Pembelajaran Small Group; Model Pembelajaran Talking Stick
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12941

Actions (login required)

View Item View Item