PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI INDEKS CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK-BM PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Ginting, Felik Bi Kuantha (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI INDEKS CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK-BM PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
71277110259 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71277110259 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110259 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110259 KATA PENGANTARr.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110259 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110259 BAB I.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110259 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110259 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Indeks Card Match pada materi pelajaran pembuatan jurnal penutup di kelas X SMK-BM Pencawan Medan T.A 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK-BM Pencawan yang beralamat di jalan Bunga Ncole No.50 Medan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 28 siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Strategi Indeks Card Match (ICM) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket belajar motivasi siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk soal essay. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Dari data hasil observasi menunjukkan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata motivasi siswa 54,14 dan pada siklus II rata-rata motivasi siswa mencapai 72,53 atau mengalami peningkatan sebesar 18,39. Dari hasil analisis yang diperoleh data pretest sebagai hasil belajar awal terdapat 6 siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai 48,39. Data postes siklus I rata-rata nilai 65,7 dengan 16 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar sedangkan data postes siklus II rata-rata nilai 81,8 dengan 22 siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Ini berarti ada peningkatan dari postes siklus I ke postes siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, Marusul195303151980031007
Call Number: 657.071 Gin p
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL); Indeks Card Match (ICM); Motivasi Belajar; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12935

Actions (login required)

View Item View Item