PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK N 7 MEDAN

Sagala, Erpina P. (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK N 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114126 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 BAB V.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114126 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI Ak 1 dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi pembelajaran Card Sort di SMK N 7 Medan T.A. 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 7 Medan yang beralamat di Jln. STM No. 12E Kampung Baru Medan. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak 1 di SMK N 7 Medan yang terdiri dari 33 Orang siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dengan strategi Pembelajaran Card Sort. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian angket motivasi belajar siswa dan tes berbentuk essay yang diambil dari buku paket yang telah disetujui oleh guru. Adapun analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data,penyajian data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 63,64% dengan 21 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sebesar 90,91% dengan jumlah siswa yang tuntas 30 orang. Terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 27,27%. Hasil perolehan motivasi tinggi siswa pada siklus I sebesar 39,39% dengan jumlah siswa 19 orang. Pada siklus II persentase perolehan motivasi tinggi siswa sebesar 66,67% dengan jumlah siswa 22 orang. Terjadi peningkatan perolehan motivasi tinggi sebesar 27,28%.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Strategi Pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi kelas XI ak 1 pada standar kompetensi mengelola kartu aktiva tetap di SMK N 7 Medan T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Teridah195207231980011001
Call Number: 657.071 Sag p
Keywords: Motivasi Belajar; Model Pembelajaran Group Investigation; Strategi Pembelajaran Card Sort
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item