PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IS 4 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2011/2012

Tambunan, Nanda A.N. (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IS 4 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310106 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310106 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310106 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708310106 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708310106 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310106 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310106 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310106 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310106 BAB I.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310106 BAB V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310106 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dengan menggunakan strategi Group Resume dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 4 di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2011/2012. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa pada T.A 2011/2012 dengan subjek siswa kelas XI IS 4 yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar angket motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 24 siswa (62%) dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 34 siswa (87%) yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Sedangkan motivasi juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 18 siswa (46%) , sedangkan pada siklus II terdapat 39 siswa (100%) dengan kriteria motivasi tinggi. Dari data hasil uji korelasi antara motivasi (variabel x) dan hasil belajar (variabel y) diperoleh rxy = 0,78 yang menunjukkan hubungan positif, artinya jika motivasi siswa tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dengan menggunakan strategi Group Resume dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 4 pada kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian dan kertas kerja di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La196412311991031040
Call Number: 657.071 Tam p
Keywords: Motivasi belajar; hasil belajar; model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dan strategi Group Resume
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12898

Actions (login required)

View Item View Item