PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN STRATEGI TEAM PAIR SOLO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS1 SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Supriatin, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN STRATEGI TEAM PAIR SOLO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS1 SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310154 COVER.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 BAB I.pdf - Published Version

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 BAB V.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310154 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dan perbedaan antara siklus I dan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan strategi Team Pair Solo di kelas XII IS1 SMAN 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Selesai yang beralamat di jalan Binjai Selayang, Selesai Kabupaten Langkat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS1 yang berjumlah 36 siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan strategi Team Pair Solo untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui angket motivasi siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata motivasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 64,1% yang termasuk dalam kategori sedang. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar siswa adalah 72,4% yang termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 45,97 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66,25 atau terjadi peningkatan sekitar 20,28 poin. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 75,14 atau mengalami peningkatan 8,89 poin dari siklus I. Analisis uji t antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung sebesar 2,835 dan ttabel sebesar 1,997. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II adalah signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan strategi Team Pair Solo dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: 657.071 Sup p
Keywords: Model pembelajaran Learning Cycle 7E; strategi Team Pair Solo; motivasi; hasil belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

View Item View Item