PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI KELAS XI IS 2 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2011/ 2012

Syafitri, Nurul (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI KELAS XI IS 2 SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310119 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 BAB I.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 BAB V.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310119 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 2 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dengan Teams Games Tournament (TGT) di kelas XI IS 2 SMA N 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Tanjung Morawa yang beralamat di Jl. Batang Kuis Pasar VIII Tanjung Morawa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 2 SMA N 1 Tanjung Morawa yang berjumlah 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 45% yang termasuk dalam kriteria Cukup Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas naik menjadi 85% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 58,63 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 65,9 atau terjadi peningkatan sekitar 7,27 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 73,4 atau mengalami peningkatan 7,5 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI IS 2 SMA N 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La196412311991031040
Call Number: 657.071 Sya p
Keywords: Model Pembelajran Problem Posing; Teams Games Tournament Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12871

Actions (login required)

View Item View Item