UPAYA MENINGKATKAN KINERJA DAN HASIL BELAJAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Simanjuntak, Mariati Purnama (2014) UPAYA MENINGKATKAN KINERJA DAN HASIL BELAJAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal INPAFI, 02 (01). pp. 69-75. ISSN 2337-4624

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model problem based learning pada matakuliah Fisika Umum I, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian diambil satu kelas yang terdiri dari 37 orang mahasiswa. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar sedangkan kinerja mahasiswa diperoleh melalui lembar penilaian kinerja pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh peningkatan kinerja dalam memecahkan masalah dari kategori kurang baik pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I ke siklus dua dan sudah memenuhi persentase ketuntasan belajar.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Kinerja; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Sep 2016 05:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item View Item