PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA CHEMOEDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA ANORGANIK

Harahap, Khairani (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA CHEMOEDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA ANORGANIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4113331020 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4113331020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4113331020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4113331020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4113331020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4113331020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4113331020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4113331020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4113331020 BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4113331020 BAB V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4113331020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Chemoedutainment dan model Direct Instruction pada materi tata nama senyawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan teknik random sampling (acak) dan masing– masing kelas terdiri atas 40 siswa. Pada kelas eksperimen diberi pengajaran dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Chemoedutainment dan pada kelas Kontrol diberikan pengajaran dengan model Direct Instruction (DI). Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Soal Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal dan dinyatakan reliabel = 0,46. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas PBL memiliki rata – rata nilai pretest 35,50 + 6,47 dan post-tes 87,33 + 7,62 dengan rata – rata gain sebesar 80 %. Sedangkan siswa pada kelas DI memiliki rata – rata nilai pretest 36,83 + 7,63 dan post-tes 75,17 + 8,95 dengan rata – rata gain sebesar 60 %. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan dari data hasil belajar dan diperoleh thitung =28,47 sedangkan ttabel = 2,0021 untuk α= 0,05 dan db = 58, sehingga thitung>ttabel. Maka Ha terima, yakni ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menerapkan model Problem Based Learning ( pada kelas eksperimen ) dengan model Direct Instruction ( kelas kontrol ) sebesar 12 %. Dari data yang diperoleh ranah kognitif C1(pengetahuan) sebesar 0,62,C2(pemahaman) sebesar 0,82 dan ranah kognitif yang paling berkembang adalah C3(Analisis) sebesar 0,83 .Berdasarkan pengaruh peningkatan hasil belajar kimia siswa diperoleh bahwa hasil belajar yang tertinggi yaitu dengan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDibyantini, Ratu Evina196206221986032001
Call Number: SK-2016 KIM
Keywords: Problem Based Learning (PBL); Chemoedutainment; Tata Nama Senyawa Anorganik.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12744

Actions (login required)

View Item View Item