IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON T.P 2012/2013

Simanjuntak, Mariati Purnama (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON T.P 2012/2013. Jurnal INPAFI, 01 (02). pp. 107-113. ISSN 2337-4624

[img]
Preview
Text
Implementasi model pembelajaran Kooperatif tipe NHT terhadpa hasil belajar siswa SMP pada materi Gaya dan Hukum Newton T.P. 2012.2013.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VIII pada materi pokok Gaya dan Hukum Newton T.P 2012/2013 serta aktivitas belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 80 siswa yang dibagi dalam dua kelas. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Pada kelas VIII-1 diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pada kelas VIII-2 dengan model pembelajaran konvensional. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan, siswa yang diajar dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan implementasi model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi pokok Gaya dan Hukum Newton T.P. 2012/2013

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT; Hasil Belajar; Gaya; Hukum Newton
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 11 Apr 2016 03:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item