UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Simbolon, Naeklan and Tarigan, Rini Rosita (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING. Jurnal INPAFI, 03 (03). pp. 145-153. ISSN 2337-4624

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model project based learning di kelas IV. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 01869 Desa Sena Kec. Batang Kuis Kab. Deli Serdang T.A 2014/2015. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 26 orang dan objeknya adalah peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model project based learning. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap silkus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi silkus I dijadikan acuan untuk pelaksanaan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observsi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan siklus I diperoleh bahwa dari 26 siswa, 18 orang siswa aktif (69,23%) dan 8 orang siswa tidak aktif (30,76%) dengan nilai nilai rata-rata kelas 67,82. Karena hasil belum sesuai dengan yang diharapkan maka dilakukan perbaikan pada siklus II. Dari 26 siswa pada siklus II, 25 orang siswa aktif (96,15%) dan I orang siswa tidak aktif (3,85%) dengan nilai rata-rata kelas adalah 84,42. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan aktitivitas belajar siswa.

Item Type: Article
Keywords: Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Project based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Aug 2016 10:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12722

Actions (login required)

View Item View Item