PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PBL(PROBLEM BASED LEARNING )DAN MODEL TPS(THINK-PAIRSHARE) PADA MATERI KOLOID DI SMA

Pane, Nurjannah (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PBL(PROBLEM BASED LEARNING )DAN MODEL TPS(THINK-PAIRSHARE) PADA MATERI KOLOID DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning dan Think Pare Share pada pokok bahasan sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasXI IPA SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari 4 kelas IPA. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas reguler dengan teknik random sampling (acak) dan masing–masing kelas terdiri atas 40 siswa. Pada kelas eksperimen I diberi pengajaran dengan model Problem Based Learning (PBL)dan pada kelas eksperimen II diberikan pengajaran dengan model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas PBL memiliki rata – rata nilai pretest 51,44+17,85 dan post-tes 87,62+6,25 dengan rata – rata gain sebesar 73,53%. Sedangkan siswa pada kelas TGT memiliki rata – rata nilai pretest 45,25+14,24 dan post-tes 83,94+5,58 dengan rata – rata gain sebesar 69,46 %. Uji hipotesis t dua pihak dari data hasil belajar dan diperoleht hitung = 2,80 sedangkanttabel = 1,994 untuk α= 0,05 dan db = 78, sehingga thitung>ttabel. Maka Ha diterima yakni ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL)dengan model Think Pair Share (TPS) yaitu sebesar 4 %. Berdasarkan perbandingan peningkatan hasil belajar siswa diperoleh bahwa hasil belajar yang tertinggi yaitu dengan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL).Selain itu, dalam penelitian ini juga dilakukan uji sikap kerjasama siswa,yang mana disini nilai dari kelas eksperimen I (PBL) lebih besar dibandingkan kelas eksperimen II (TPS) yaitu,untuk kelas eksperimen I 81,947 sedangkan pada kelas eksperimen II yaitu 74,447. Dari hal ini dapat di ketahui pula jika PBL memiliki rhitung>rtabel yaitu 0,0345<0,312 maka Ka ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKembaren, Agus196808141994031004
Call Number: SK-2016 KIM 112
Keywords: Muatan Koloid; Pembelajaran Koloid; Sistem Dispersi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 08:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item