EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE RIVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN. 1 PULAU RAKYAT ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Pane, Qonita Aini (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE RIVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN. 1 PULAU RAKYAT ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4113341031 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4113341031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4113341031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4113341031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4113341031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4113341031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4113341031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4113341031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4113341031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4113341031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4113341031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN. 1 Pulaurakyat tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 245 siswa.Dari 245 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 35 siswa yang diamabil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 60,71, sedangkan kemampuan hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,42. Dengan demikian ditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course riview horay terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN. 1 Pulaurakyat tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran IPA sesudah menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe course riview horay lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe course riview horay, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe course riview horay berefektif positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Nuraini19530051976032001
Call Number: SK-2016 BIO 131
Keywords: Efektivitas; Course Riview Horay;Materi Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12699

Actions (login required)

View Item View Item