PERAN GURU MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Simbolon, Naeklan (2013) PERAN GURU MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Jurnal Dinamika Pendidikan, 06 (02). pp. 47-55. ISSN 1410-4695

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (925kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan aspek terpenting untuk dimiliki oleh setiap manusia. Karena dengan pendidikan dapat menciptakan perubahan sikap yang baik pada diri seseorang. Makna pendidikan adalah memberikan kebebasan kepada seseorang mengembangkan dirinya sendiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya sendiri.
Bobot kedewasaan ini akan terungkap dalam kematangannya dalam berpikir, berbicara, berperilaku dan membuat keputusan. Kedewasaan dan kematangan yang dimiliki seseorang merupakan hasil dari kinerja pendidikan. Potensi yang dimiliki seseorang harus disertasi tindakan yang berkarakter dan perilaku berkarakter.
Prinsip manusia seutuhnya memandang manusia sebagai kesatuan yang bulat, utuh, baik jasmani maupun rohani, tidak hanya berilmu tinggi akan tetapi mempunyai moral yang tinggi. Untuk itu guru dalam mendidik peserta didik seharusnya tidak hanya mengutamakan pengetahuan dan perkembangan intelektual saja, tetapi juga harus memperhatikan perkembangan karakter peserta didik.
Interaksi yang berlangsung disekitar kehidupan manusia dapat diubah menjadi interaksi yang bernilai edukatif yaitu interaksi yang dengan sadar meletakkan tujuan untuk mengubah tingkah laku dan perbuatan seseorang.

Item Type: Article
Keywords: Guru; Pendidikan karakter; Pembelajaran; Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Aug 2016 08:18
Last Modified: 19 Aug 2016 03:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12677

Actions (login required)

View Item
View Item