PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN INSTITUSI DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Darwin (2014) PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN INSTITUSI DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan, 01 (01). pp. 80-93. ISSN 2242-9422

[thumbnail of Full Text, Cover.pdf]
Preview
Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan program studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Unimed merupakan wujud pengembangan tata kelola untuk memaksimalkan peran dan fungsinya dalam rangka meningkatkan mutu layanan akademik dan pembelajaran yang direfleksikan dalam bentuk peringkat akreditasi program studi. Untuk mewujudkan fungsi pengembangan tersebut, dilakukan pengkajian melalui penelitian tindakan institusi (PTI). PTI bertujuan untuk mencari solusi terhadap masalah-masalah penyelenggaraan program studi yang dihadapi oleh ketua program studi dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan mutu layanan akademik dan pembelajaran. Oleh karena itu, ruang lingkup materi makala ini adalah (1) batasan PTI, (2) ruang lingkup PTI, (3) karakteristik PTI penelitian tindakan institusi pada Prodi PTB, (4) tujuan penelitian tindakan institusi pada Prodi PTB, (5) langkah-langkah penelitian tindakan institusi pada Prodi PTB. Terdapat 8 tahapan dalam PTI Prodi PTB yaitu, (1) mengidentifikasi dan menentukan focus area, (2) merumuskan masalah penelitian, (3) mengkaji literature yang relevan, (4) merancang rencana tindakan, (5) melaksanakan tindakan, (6) pengumpulan data, (7) refleksi, (8) merancang rencana tindakan baru.

Item Type: Article
Keywords: Pengembangan Institusi; Program Studi; Pendidikan Teknik Bangunan; Penelitian Tindakan Institusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Apr 2016 05:25
Last Modified: 19 Apr 2016 05:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item
View Item