PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN T.P 2014/2015

Sipapaga, Desri S. (2015) PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113121012 COVER.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 DAFTRA GAMBAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 BAB V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-test-Post-test Design Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 39 orang untuk kelas eksperimen dan 41 orang untuk kelas kontrol. Sebelum pembelajaran diberikan terlebih dahulu dilakukan pretes kepada kedua kelas. Kemudian dilaksanakan pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol, dan setelah selesai pembelajaran dilakukan postes. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes essai, sebanyak 10 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan.Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 40,40 dan nilai rata-rata kelas kontrol 39,50. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,4891, ttabel = 1,677, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 75,60 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 59,50. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 6,24 dan = 1,677. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWahyuni, Ida196401181996032001
Call Number: SK-2015 FIS 208
Keywords: Model Pembelajaran;Inquiry Training;Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12664

Actions (login required)

View Item View Item