PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELITUA

Sari, Rizky Purnama (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113311042 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311042 BAB I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311042 BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi pokok Kubus dan Balok di SMP Negeri 2 Delitua. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Delitua tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 35 orang. Data yang diambil berupa hasil observasi dari hasil tes pada siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan persentase aktivitas siswa memenuhi batas toleransi waktu ideal dan persentase siswa yang memperoleh nilai minimal 65 sebanyak 85% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian, 2 kategori aktivitas siswa pada siklus I belum memenuhi batas toleransi waktu ideal sedangkan pada siklus II setiap kategori aktivitas siswa sudah memenuhi batas toleransi waktu ideal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Adapun hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 74,28% siswa memperoleh nilai minimal 65 dan pada siklus II sebesar 88,57% siswa yang memperoleh nilai minimal 65 artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14,29% dan telah tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi pokok Kubus dan Balok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHia, Yasifati196304011989031004
Call Number: SK-2015 MAT 084
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator; Aktivitas Belajar; Kubus dan Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12639

Actions (login required)

View Item View Item