PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUGGAL

Turnip, Risda Trisnawati (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4112111014 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pembelajaran Langsung terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Dimensi Tiga Di Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen Semu. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan siswa kelas X-3 sebagai siswa kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sunggal tahun ajaran 2014/ 2015, yang terdiri dari 8 kelas paralel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Berpikir Kritis. Tes yang diberikan berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh bantuan dua validator, yaitu dua orang dosen matematika Unimed.Untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam berpikir kritis maka diberikan pretes kemampuan berpikir kritis siswa dan diperoleh rata-rata kelas eksperimen untuk nilai pretes sebesar 46,73 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretes sebesar 40,04. Setelah diberikan tindakan pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) oleh peneliti dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung oleh guru bidang studi matematika disekolah tersebut, maka diberikan postest kemampuan berpikir kritis siswa. Dari hasil postest kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh skor rata-rata siswa kelas eksperimen 81,95 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai postest sebesar 76,3. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pembelajaran Langsung terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Dimensi Tiga Di Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, N19620305 198703 2 003
Call Number: SK-2015 MAT 158
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS; Berpikir Kritis; Dimensi Tiga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12638

Actions (login required)

View Item View Item