UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE INKUIRI PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 37 MEDAN T.A. 2014/2015

Anggraini, Ridha (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE INKUIRI PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 37 MEDAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113311039 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 BAB I.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan pada pokok bahasan segi empat dengan menggunakan Metode Inkuiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 41 orang dan objek penelitian ini adalah penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes pemahaman konsep.Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat di kelas VII-2 mulai dari tes diagnostik sampai tes pemahaman konsep II. Hasil analisis data tes diagnostik diperoleh rata-rata pemahaman konsep matematika sebesar 54,042 dan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 12 dari 41 orang (29,7%). Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran dengan metode inkuiri diperoleh rata-rata pemahaman konsep matematika sebesar 64,90 dan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 26 dari 41 orang (63,41%).Hasil analisis data pada siklus II setelah dilakukan pembelajaran dengan metode inkuiri diperoleh rata-rata pemahaman konsep matematika siswa sebesar 74,32 dan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 35 dari 41 orang (85,36%). Berdasarkan syarat minimal rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yaitu 65 dan ketuntasan secara klasikal yaitu 85% maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan.Dari tindakan, pengamatan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, W. L19610713 198703 1 001
Call Number: SK-2015 MAT 167
Keywords: pemahaman konsep matematika; metode inkuiri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item View Item