PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2014/2015

Arwinda, Nadya (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113111052 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 BAB I.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 BAB V.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa hasil belajar menggunakan pembelajaran inkuiri lebih baik daripada pembelajaran matematika realistik pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 322 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 36 orang dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran inkuiri dan kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran matematika realistik diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 23,19 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 19,72. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan � = 0,05, diperoleh thitung = 2,134 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,134 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar menggunakan pembelajaran inkuiri lebih baik daripada pembelajaran matematika realistik pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmry, Zul19600707 198703 1 002
Call Number: SK-2015 MAT 129
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Inkuiri; Pembelajaran Matematika Realistik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item